Ads 468x60px

About

Jumat, 20 Juli 2012

Awal Puasa Ramadhan 1433 H Tahun 2012 versi Pemerintah dan Muhammadiyah

Awal puasa Ramadhan 1433 H tahun 2012 masehi masih mengundang pertanyaan. Apalagi, kabarnya ada perbedaan awal puasa Ramadan versi pemerintah dan Muhammadiyah. Pemerintah menyatakan penentuan awal puasa masih akan dilakukan dengan melihat hilal pada Kamis (19/7) petang dan hasilnya diputuskan melalui sidang Isbat.



Kasubag Humas Kanwil Kementerian Agama Sumsel Saefudin di Palembang, Rabu mengatakan, penentuan pelaksanaan awal Ramadhan pada Kamis dengan melihat posisi bulan bersama pemuka agama. Hasil itu nantinya sidang Isbat untuk mendengarkan laporan dari berbagai tim yang ditugaskan bekerja melihat bulan di berbagai tempat.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, kemungkinan terjadinya perbedaan dalam penentuan 1 Ramadhan, karena cara penghitungan serta metode tidak sama. Namun perbedaan itu bukanlah alasan yang menjadikan umat untuk terpecah belah, katanya. Sementara Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof DR KH Din Syamsuddin mengatakan, udah menetapkan awal puasa jatuh pada 20 Juli 2012 dan shalat tarawih mulai 19 Juli 2012.

0 komentar:

TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL KAMI. JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMEN YANG BERMANFAAT DEMI KEMAJUAN BLOG INI
peluang usaha