Ads 468x60px

About

Selasa, 21 Agustus 2012

Lebaran di Negeri Asing

Sebagian besar orang merayakan Lebaran dengan pulang ke kampung halaman. Namun banyak juga keluarga yang memilih untuk liburan bersama ke luar negeri. Atau mungkin ada juga yang terjebak dalam perjalanan dinas sehingga terpaksa merayakan Idul Fitri sendirian di negeri asing.


Bila memang Anda harus melewatkan Lebaran di luar negeri, sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu di mana dapat melaksanakan shalat Id.

Beberapa tempat di bawah ini bisa menjadi rujukan bagi Anda yang tengah berada di luar negeri, terutama di negara-negara yang mayoritas penduduknya bukan muslim.

Masjid
Bila Anda berada di negara dengan penduduk Muslim yang signifikan, tentu mencari sebuah masjid bukan hal yang terlalu sulit. Lain halnya bila Anda berada di negara di mana Muslim adalah minoritas. Namun demikian, di mana pun Anda berada terutama di kota-kota yang cukup besar, biasanya akan ada sebuah masjid di kota tersebut.

Masjid Dong Du di Ho Chi Minh City Vietnam selalu mengadakan shalat Id setiap tahunnya. (Olenka Priyadarsani)

Masjid tersebut biasanya berupa Masjid Besar atau disebut juga Masjid Jamik atau Masjid Jama’. Apabila tidak ada Masjid Besar, biasanya ada sebuah masjid yang didirikan oleh komunitas tertentu.

Salah satu cara paling mudah untuk menemukan letak masjid adalah dengan mengandalkan peta wisata. Menurut pengalaman saya, peta-peta wisata ini mencantumkan letak tempat-tempat ibadah – yang kadang kebetulan juga merupakan objek wisata.

Anda juga dapat mencari masjid melalui situs seperti: www.islamicbulletin.com dan www.islamicfinder.org walaupun mungkin daftarnya tidak lengkap.

KBRI/KJRI
Kedutaan Besar Republik Indonesia atau Konsulat Jenderal Republik Indonesia biasanya mengadakan shalat Id bersama. Keuntungan dari mengikuti shalat di sini adalah Anda dapat bertemu dengan warganegara Indonesia lainnya, baik yang tengah bekerja maupun bersekolah di negara tersebut.

Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan untuk bertemu dengan jamaah dari negara lain yang menjalankan shalat di sini.

Nah, ada keuntungan lain juga. Biasanya setelah shalat Id ada halal bihalal, dan ini berarti masakan khas Indonesia menanti Anda! Alamat kantor-kantor perwakilan Indonesia di luar negeri dapat diakses di situs resmi Kementerian Luar Negeri www.kemlu.go.id.

Perwakilan negara lain
Bila kebetulan Anda berada jauh dari kantor perwakilan Indonesia, Anda dapat “numpang” shalat Id di kantor-kantor perwakilan negara lain yang mengadakan shalat Id berjamaah. Tentu saja, kantor perwakilan yang mengadakan biasanya dari negara dengan penduduk mayoritas Islam atau dari negara Islam. Anda bisa mencoba, misalnya, Arab Saudi, Malaysia, Pakistan, dan lain-lain. Tentu Anda harus melakukan riset terlebih dahulu di mana letak kantor-kantor tersebut.

Salah satu lembaga Islam di San Diego, Amerika Serikat. (Olenka Priyadarsani)

Lembaga-lembaga Islam
Dewan Islam (Islamic Council) atau Pusat Islam (Islamic Center) adalah organisasi nirlaba yang didirikan untuk membantu kaum Muslim setempat serta menjembatani komunikasi dengan pemerintah dan penduduk setempat. Biasanya Dewan Islam ini ada di kota-kota yang cukup besar. Selain mengadakan shalat Id berjamaah, mereka juga umumnya menggelar shalat Jumat.

Salah satu kampus di Australia yang selalu menggelar shalat Idul Fitri dan Idul Adha. (Olenka Priyadarsani)

Universitas
Mau shalat malah ke kampus? Ya, benar! Di banyak negara di dunia, universitas-universitas besar memiliki jumlah siswa beragama Islam yang cukup besar sehingga banyak perhimpunan mahasiswa yang menggelar Shalat Id bersama. Shalat Id ini dihadiri oleh mahasiswa dan keluarganya yang berasal dari berbagai negara. Banyak juga yang disambung dengan halal bihalal, di mana para jamaah membawa makanan khas negara masing-masing.

Di mana pun Anda memutuskan untuk melakukan shalat Id sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu, terutama tentang lokasi dan waktu pelaksanaan shalat karena lain tempat lain waktu juga.

Selamat Lebaran!

Kunjungi juga blog perjalanan Olenka di www.backpackology.me


Sumber : http://id.berita.yahoo.com/lebaran-di-negeri-asing.html

0 komentar:

TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL KAMI. JANGAN LUPA TINGGALKAN KOMEN YANG BERMANFAAT DEMI KEMAJUAN BLOG INI